Minggu, 08 November 2015

Tutorial - Cara Bermain Rubik


Bermain rubik bagi pemula sebenarnya susah-susah gampang. Yang membuat susah mungkin karena belum terbiasa dengan pola permainan rubik. Karena itu sebaiknya belajar kotak-katik rubik dulu. Tutorial di sini akan saya buat semudah mungkin bagi pemula agar paham. Jadi tolong baca dengan seksama, jangan hanya mengandalkan gambar saja.

Rubik dapat diselesaikan serumit apapun acakannya dengan logaritma atau rumus yang akan kita bahas nanti. Satu hal penting yang ingin saya tekankan di sini adalah dalam bermain rubik, yang kita susun adalah kubus-kubusnya yang berjumlah 26, bukan warna-warnanya. Warna rubik hanyalah bagian dari kubus-kubus rubik, jadi menyelesaikan rubik bukan berarti warna putih, merah, hijau, dst selesai.. tapi rubik adalah bagaimana kita menempatka setiap kubusnya pada posisi dan arah yang benar.

Sebelum kita mulai seharusnya kalian punya rubik masing-masing. Kalau tidak punya, admin punya referensi link download gadget rubik untuk desktop kalau pakai PC/komputer yang bisa di-download di sini. Kalian hanya perlu download, open filen-nya, klik install, dan gadget rubik akan muncul di desktop. Jika tidak muncul kalian dapat buka Control Panel, di Personalization pilih Gadget dan buka rubiknya.


Dalam rubik setiap gerakan memiliki kode agar memudahkan kita untuk membacanya.



Notasi dalam rubik:
F        : Putar layer depan searah jarum jam
B        : Putar layer belakang searah jarum jam
R        : Putar layer kanan searah jarum jam
L        : Putar layer kiri searah jarum jam
U        : Putar layer atas searah jarum jam
D        : Putar layer bawah searah jarum jam
Saya belum menjelaskan tentang layer, tapi saya yakin kalian tahu yang saya maksud. Layer di sini adalah 9 kubus yang posisinya sama secara horizontal atau vertikal (mudah-mudahan kalian tidak bingung).
·    Seperti yang ada di gambar, jika hanya huruf besar maka putar layer tersebut searah jarum jam. Contoh, jika notasinya R maka kita putar layer kanan ke atas karena jika dilihat dari layer kanan sama dengan diputar searah jarum jam.
·   Sementara jika notasinya disertai tanda petik (‘) (walaupun di gambar itu “i”), maka arahnya dibalik menjadi arah lawan jarum jam.
·   Untuk gerakan 2 kali yang sama ditulis angka 2 didepannya (misal U’ L L biasa ditulis U’ 2L).
·  Selain itu ada tambahan notasi E, S, dan M, notasi ini sebenarnya sangat jarang dipakai.
Selain itu sedikit penjelasan tentang bagian kubus-kubus rubik.

NB : jangan lupa untuk memegang rubik selalu center warna putih yang berada di bawah (kalau kalian mulai dengan layer putih)


Ok, cukup dengan penjelasannya sekaran kita masuk ke step by step bermain rubik.

Step 1: Menyelesaikan layer paling bawah (putih)
a)  Biasanya layer yang diselesaikan pertama adalah warna putih. Untuk menyusun warna putih pertama susun kubus bagian side warna putih ke posisinya masing-masing sehingga membentuk tanda plus. Untuk membantu kalian dimana kubusnya harus diletakkan, posisikan center warna biru, merah, hijau dan oranye dengan side kubus putih. Bagi yang tidak paham bisa lihat gambar.


Kubus selain yang digaris tidak penting, yang pasti sudah ada tanda plus dan warna kubus side putih dan center didekatnya sama.

b)  Sekarang kita tempatkan bagian corner layer putih. Ada beberapa cara berbeda untuk menempatkannya.
a. Kasus 1: Misalnya pada gambar corner putih-biru-merah, kubus ini terletak di atas dan kalau dilihat, warna merahnya dan center merah berdekatan. Kalau ditarik garis, jadinya diagonal ke arah kiri atas. Jika begini, pegang rubik menghadap center merah sehingga corner putinhya di kanan atas. Lalu L’ U’ L

b. Kasus 2: Ini hanya kebalikan dari kasus 1. Di gambar corner putih-merah-hijau, terletak di atas dan warna merahlah yang berdekatan dengan center sehingga seperti diagonal ke arah kanan atas. Pegang rubik menghadap center merah dan R U R’

c. Kasus 3: Kalau warna putihnya menghadap ke atas, pegang rubik sehingga corner putih tadi ada di kanan atas (lihat gambar) dan R 2U R’ U’ R U R’

d. Kasus 4: Kalau corner putihnya “terjepit” di bawah antara 2 side putih (, pegang rubik sehingga corner tersebut di kanan bawah dan R U untuk “membebaskannya dan lanjutkan dengan cara pada kasus 1, 2, atau 3.



Step 2: Menyelesaikan side pada layer tengah melintang
Pada step ini hanya ada 4 kubus yang harus dibereskan yaitu side biru-merah, merah-hijau, hijau-oranye, dan oranye-biru. Di sini rumusnya sebenarnya hanya satu (yaitu R U R’ U’ F’ U’ F) tetapi kalau disimetriskan bisa menjadi L’ U’ L U F U F’. Jadi rumusnya hanya 2 itu.
Pertama lihat warna dari side, yang menghadap ke atas (di gambar ini hijau). Maka tempatkan side tersebut berseberangan dari center-nya hijau. Lalu lihat warna yang menghadap kita (di gambar ini oranye), maka kita memulai rumus dari sisi center oranye.
  a. Kasus 1: Kalau side tadi akhirnya ada di sebelah kanan (seperti gambar) maka gunakan  rumus L’ U’ L U F U F’
  b. Kasus 2: Kalau side tadi akhirnya ada di kiri, maka R U R’ U’ F’ U’ F
  c. Kasus 3: Kalau side tadi “terjepit” di antara 2 center yang tidak sesuai (mirip seperti  Kasus 4 step 1). Pegang rubik sehingga side tadi di sebelah kanan dan R U R’ U’ F’ U’ F  lalu lanjutkan dengan rumus yang sesuai dari kasus 1 atau 2




Step 3: Membuat layer kuning yang utuh
Sekarang layer putih dan 8 kubus di atasnya sudah benar. Sekarang tinggal kubus di layer teratas.
a)  Pertama buat tanda plus warna kuning di layer teratas. Lihat warna sidde-side kuning di atas. Di sini ada 3 kasus(NB, jangan pedulikan corner warna kuningnya, yang penting sidenya dulu):
a. Jika begini pegang rubik dengan center kuning di atas dan F U R U’ R’ F’ U F R U R’ U’ F’

b. Jika begini pegang rubik dengan posisi bagian atas (kuning) seperti pada gambar dan F U R U’ R’ F’

c. Jika begini pegang rubik dengan posisi bagian atas (kuning) seperti pada gambar dan F R U R’ U’ F’

b) Sekarang kita buat semua corner kuning menghadap atas, di sini ada banyak kasus namun sebenarnya hanya menggunakan 1 rumus. Intinya kita harus mmembuat warna kuning yang bentuknya mirip ikan.

Gambar di atas menunjukkan posisi warna kuning tampak atas ( jadi sisi yang menghadap kita adalah bagian bawah dari gambar). Perhatikan posisinya agar jangan sampai salah.
a.       Jika warna kuning bentuknya seperti itu rumusnya L’ U R U’ L U R’ atau R U’ L’ U R’ U’ L
b.      Jika tampak atas seperti itu rumusnya R U’ L’ U R’ U’ L
c.       Rumusnya L’ U R U’ L U R’ atau R U’ L’ U R’ U’ L
d.      Rumusnya L’ U R U’ L U R’
e.      Rumusnya R U’ L’ U R’ U’ L
Dan sekarang kita mendapatkan bentuk seperti ikan warna kuning di sisi atas. Saya pribadi suka menyebutnya begitu. Jika dilihat ikan ini mempunyai bagia kepala, sekarang hadapkan kepalanya ke arah kita.


Kalian akan menemukan warna kuning dari salah satu corner kanan atau kiri (di gambar ada di kanan). Jika di kanan maka pegang rubik dengan warna kuning corner tadi menghadap kita. Lalu R U’ L’ U R’ U’ L. Namun jika warna kuning tadi di sebelah kiri maka sebaliknya, menghadap sisi yang kiri dan lakukan rumus L’ U R U’ L U R’. Dan semua warna kuning sekarang menghadap ke atas. Jika diperhatikan memang kedua rumus ini sama namun hanya dibedakan mulai dari kanan atau kiri, demikian rumus pada step berikutnya.




Step 4: Last step – Menempatkan side atau corner kuning sesuai dengan tempat seharusnya
Sekarang warna kuning menghadap atas semua, namun tempatnya masih belum teratur. Goal pertama pada step ini adalah agar ada satu layer samping (biru, merah, hijau, atau oranye) yang benar. Di bagian terakhir ini kita menggunakan 2 rumus berbeda. Yaitu:
a) Memindahkan 3 side kuning dengan pola seperti pada gambar

atau 
Untuk memindahkan side seperti gambar pertama (menyebrang dari kiri ke kanan), pegang rubik menghadap side yang kedua ( jika pada gambar yang di tengah atau layer yang gelap). Lalu 2R U R U R' U' R' U' R' U R'.
Untuk memindahkan side seperti gambar kedua (menyebran dari kanan ke kiri), pegang rubik menghadap side yang kedua ( jika pada gambar yang di tengah atau layer yang gelap). Lalu 2L U' L' U' L U L U L U' L

b) Menukar 1 side dan 1 corner berdekatan seperti huruf L
atau

NB:Pegang rubik pada sisi bagian bawah huruf L(sisi yang ada warna birunya kalau di gambar/sisi terang)
Untuk gambar pertama, rumusnya R 2U R' U' R 2U L' U R' U' L
Untuk gambar kedua, rumusnya L' 2U L U L' 2U R U' L U R'


Jadi untuk step 4 kita memakai 2 rumus itu untuk memindahkan side dan corner kuning ke tempat yang benar. Sebenarnya bagian ini akan memerlukan sedikit logika. Kalian harusnya bisa menentukan sendiri bagian mana yang harus ditukar atau dipindahkan. Pertama yang penting adalah supaya ada satu layer entah biru, merah, hijau, atau oranye yang benar (ini berarti 3 kubus -1 side dan 2 corner- kuning tempatnya sudah benar). Lalu kalian gunakan kedua rumus di atas agar posisi kubus-kubus kuning benar semua.

Saya akan beri contoh kasus.


Saya ambil gambar yang menampilkan sisi-sisi samping rubik. Jika diperhatikan, maka seharusnya saya menggunakan rumus yang kedua/switch di sisi biru. Maka hasilnya menjadi..


Lalu saya menggunakan rumus pertama/menyebrangkan side dari kiri ke kanan dengan menghadap sisi hijau, dan hasilnya...


Nah, kalau sudah begini pasti sudah tahu semua. Kita pakai rumus kedua dengan menghadap sisi merah dan selesai. Supaya kalian lebih terbiasa, kalian harus sering-sering bermain rubik agar tahu pola-polanya.


Demikian tutorial rubik kali ini semoga bermanfaat!
Rexy_Gama Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chrome Pointer