Bermain rubik bagi pemula sebenarnya susah-susah
gampang. Yang membuat susah mungkin karena belum terbiasa dengan pola permainan
rubik. Karena itu sebaiknya belajar kotak-katik rubik dulu. Tutorial di sini
akan saya buat semudah mungkin bagi pemula agar paham. Jadi tolong baca dengan
seksama, jangan hanya mengandalkan gambar saja.
Rubik dapat diselesaikan serumit apapun acakannya
dengan logaritma atau rumus yang akan kita bahas nanti. Satu hal penting yang
ingin saya tekankan di sini adalah dalam bermain rubik, yang kita susun adalah
kubus-kubusnya yang berjumlah 26, bukan warna-warnanya. Warna rubik hanyalah
bagian dari kubus-kubus rubik, jadi menyelesaikan rubik bukan berarti warna
putih, merah, hijau, dst selesai.. tapi rubik adalah bagaimana kita menempatka
setiap kubusnya pada posisi dan arah yang benar.
Sebelum kita mulai seharusnya kalian punya rubik
masing-masing. Kalau tidak punya, admin punya referensi link download gadget rubik
untuk desktop kalau pakai PC/komputer yang bisa di-download di sini. Kalian
hanya perlu download, open filen-nya, klik install, dan gadget rubik akan
muncul di desktop. Jika tidak muncul kalian dapat buka Control Panel, di
Personalization pilih Gadget dan buka rubiknya.
Dalam rubik setiap gerakan memiliki kode agar
memudahkan kita untuk membacanya.


Notasi dalam rubik:
F :
Putar layer depan searah jarum jam
B :
Putar layer belakang searah jarum jam
R :
Putar layer kanan searah jarum jam
L :
Putar layer kiri searah jarum jam
U :
Putar layer atas searah jarum jam
D :
Putar layer bawah searah jarum jam
Saya belum menjelaskan tentang layer, tapi saya
yakin kalian tahu yang saya maksud. Layer
di sini adalah 9 kubus yang posisinya sama secara horizontal atau vertikal
(mudah-mudahan kalian tidak bingung).
· Seperti
yang ada di gambar, jika hanya huruf besar maka putar layer tersebut searah
jarum jam. Contoh, jika notasinya R maka kita putar layer kanan ke atas
karena jika dilihat dari layer kanan sama dengan diputar searah jarum jam.
· Sementara
jika notasinya disertai tanda petik (‘) (walaupun di gambar itu “i”),
maka arahnya dibalik menjadi arah lawan jarum jam.
· Untuk gerakan
2 kali yang sama ditulis angka 2 didepannya (misal U’ L L biasa ditulis U’ 2L).
· Selain
itu ada tambahan notasi E, S, dan M, notasi ini sebenarnya
sangat jarang dipakai.
Selain itu sedikit penjelasan tentang bagian kubus-kubus
rubik.
NB : jangan lupa untuk memegang rubik selalu center
warna putih yang berada di bawah (kalau kalian mulai dengan layer putih)
Ok, cukup dengan penjelasannya sekaran kita masuk
ke step by step bermain rubik.
Step 1: Menyelesaikan layer paling bawah (putih)
a) Biasanya layer
yang diselesaikan pertama adalah warna putih. Untuk menyusun warna putih
pertama susun kubus bagian side warna putih ke posisinya masing-masing sehingga
membentuk tanda plus. Untuk membantu kalian dimana kubusnya harus diletakkan,
posisikan center warna biru, merah, hijau dan oranye dengan side kubus putih.
Bagi yang tidak paham bisa lihat gambar.
Kubus selain yang digaris tidak penting, yang pasti sudah ada tanda
plus dan warna kubus side putih dan center didekatnya sama.
b) Sekarang kita tempatkan
bagian corner layer putih. Ada beberapa cara berbeda untuk menempatkannya.
a. Kasus 1: Misalnya pada
gambar corner putih-biru-merah, kubus ini terletak di atas dan kalau dilihat,
warna merahnya dan center merah berdekatan. Kalau ditarik garis, jadinya diagonal ke arah kiri atas. Jika
begini, pegang rubik menghadap center merah sehingga corner putinhya di kanan
atas. Lalu L’ U’ L
b. Kasus 2: Ini hanya kebalikan
dari kasus 1. Di gambar corner putih-merah-hijau, terletak di atas dan warna
merahlah yang berdekatan dengan center sehingga seperti diagonal ke arah kanan atas. Pegang rubik menghadap center merah
dan R U R’
c. Kasus 3: Kalau warna putihnya
menghadap ke atas, pegang rubik sehingga corner putih tadi ada di kanan
atas (lihat gambar) dan R 2U R’ U’ R U R’
d. Kasus 4: Kalau corner
putihnya “terjepit” di bawah antara 2 side putih (, pegang rubik sehingga
corner tersebut di kanan bawah dan R U untuk “membebaskannya dan lanjutkan
dengan cara pada kasus 1, 2, atau 3.
Step 2: Menyelesaikan side pada layer tengah
melintang
Pada step ini hanya ada 4 kubus yang harus
dibereskan yaitu side biru-merah, merah-hijau, hijau-oranye, dan
oranye-biru. Di sini rumusnya sebenarnya hanya satu (yaitu R U R’ U’ F’ U’ F) tetapi
kalau disimetriskan bisa menjadi L’ U’ L U F U F’. Jadi rumusnya hanya 2 itu.
Pertama lihat warna dari side, yang menghadap ke
atas (di gambar ini hijau). Maka tempatkan side tersebut berseberangan dari
center-nya hijau. Lalu lihat warna yang menghadap kita (di gambar ini oranye),
maka kita memulai rumus dari sisi center oranye.
a. Kasus 1: Kalau
side tadi akhirnya ada di sebelah kanan (seperti gambar) maka gunakan rumus L’ U’
L U F U F’
b. Kasus 2: Kalau side tadi
akhirnya ada di kiri, maka R U R’ U’ F’ U’ F
c. Kasus 3: Kalau side tadi “terjepit”
di antara 2 center yang tidak sesuai (mirip seperti Kasus 4 step 1). Pegang
rubik sehingga side tadi di sebelah kanan dan R U R’ U’ F’ U’ F lalu lanjutkan
dengan rumus yang sesuai dari kasus 1 atau 2
Step 3: Membuat layer kuning yang utuh
Sekarang layer putih dan 8 kubus di atasnya sudah
benar. Sekarang tinggal kubus di layer teratas.
a) Pertama buat tanda plus
warna kuning di layer teratas. Lihat warna sidde-side kuning di atas. Di sini
ada 3 kasus(NB, jangan pedulikan corner warna kuningnya, yang penting sidenya
dulu):
b. Jika begini pegang rubik
dengan posisi bagian atas (kuning) seperti pada gambar dan F U R U’ R’ F’
c. Jika begini pegang rubik
dengan posisi bagian atas (kuning) seperti pada gambar dan F R U R’ U’ F’
b) Sekarang kita buat semua
corner kuning menghadap atas, di sini ada banyak kasus namun sebenarnya hanya
menggunakan 1 rumus. Intinya kita harus mmembuat warna kuning yang bentuknya
mirip ikan.
Gambar di atas menunjukkan posisi warna kuning tampak atas ( jadi sisi
yang menghadap kita adalah bagian bawah dari gambar). Perhatikan posisinya agar
jangan sampai salah.
a.
Jika warna kuning
bentuknya seperti itu rumusnya L’ U R U’ L U R’ atau R U’ L’ U R’ U’ L
b.
Jika tampak atas seperti
itu rumusnya R U’ L’ U R’ U’ L
c.
Rumusnya L’ U R U’ L U R’
atau R U’ L’ U R’ U’ L
d.
Rumusnya L’ U R U’ L U R’
e.
Rumusnya R U’ L’ U R’ U’ L
Dan sekarang kita
mendapatkan bentuk seperti ikan warna kuning di sisi atas. Saya pribadi suka
menyebutnya begitu. Jika dilihat ikan ini mempunyai bagia kepala, sekarang
hadapkan kepalanya ke arah kita.
Kalian akan menemukan
warna kuning dari salah satu corner kanan atau kiri (di gambar ada di kanan).
Jika di kanan maka pegang rubik dengan warna kuning corner tadi menghadap kita.
Lalu R U’ L’ U R’ U’ L. Namun jika warna kuning tadi di sebelah kiri maka
sebaliknya, menghadap sisi yang kiri dan lakukan rumus L’ U R U’ L U R’. Dan
semua warna kuning sekarang menghadap ke atas. Jika diperhatikan memang kedua
rumus ini sama namun hanya dibedakan mulai dari kanan atau kiri, demikian rumus
pada step berikutnya.
Step 4: Last step –
Menempatkan side atau corner kuning sesuai dengan tempat seharusnya
Sekarang warna kuning
menghadap atas semua, namun tempatnya masih belum teratur. Goal pertama pada step ini adalah agar ada satu layer samping (biru, merah, hijau, atau oranye) yang benar. Di bagian terakhir
ini kita menggunakan 2 rumus berbeda. Yaitu:
a) Memindahkan 3 side kuning dengan pola seperti pada gambar
atau
Untuk memindahkan side seperti gambar pertama (menyebrang dari kiri ke kanan), pegang rubik menghadap side yang kedua ( jika pada gambar yang di tengah atau layer yang gelap). Lalu 2R U R U R' U' R' U' R' U R'.
Untuk memindahkan side seperti gambar kedua (menyebran dari kanan ke kiri), pegang rubik menghadap side yang kedua ( jika pada gambar yang di tengah atau layer yang gelap). Lalu 2L U' L' U' L U L U L U' L
atau
NB:Pegang rubik pada sisi bagian bawah huruf L(sisi yang ada warna birunya kalau di gambar/sisi terang)
Untuk gambar pertama, rumusnya R 2U R' U' R 2U L' U R' U' L
Untuk gambar kedua, rumusnya L' 2U L U L' 2U R U' L U R'
Jadi untuk step 4 kita memakai 2 rumus itu untuk memindahkan side dan corner kuning ke tempat yang benar. Sebenarnya bagian ini akan memerlukan sedikit logika. Kalian harusnya bisa menentukan sendiri bagian mana yang harus ditukar atau dipindahkan. Pertama yang penting adalah supaya ada satu layer entah biru, merah, hijau, atau oranye yang benar (ini berarti 3 kubus -1 side dan 2 corner- kuning tempatnya sudah benar). Lalu kalian gunakan kedua rumus di atas agar posisi kubus-kubus kuning benar semua.
Saya akan beri contoh kasus.
Saya ambil gambar yang menampilkan sisi-sisi samping rubik. Jika diperhatikan, maka seharusnya saya menggunakan rumus yang kedua/switch di sisi biru. Maka hasilnya menjadi..
Lalu saya menggunakan rumus pertama/menyebrangkan side dari kiri ke kanan dengan menghadap sisi hijau, dan hasilnya...
Nah, kalau sudah begini pasti sudah tahu semua. Kita pakai rumus kedua dengan menghadap sisi merah dan selesai. Supaya kalian lebih terbiasa, kalian harus sering-sering bermain rubik agar tahu pola-polanya.
Demikian tutorial rubik kali ini semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar